Wednesday, August 6, 2014

[Resep] Frozen Choco Banana

Hallo, apa kabar lebarannya? Buat yang baru selesai mudik, masih capek-capek, dinikmati aja lah ya. Nggak ada yang lebih menyenangkan dibanding kumpul-kumpul sama keluarga tercinta kan? 

Biar capeknya ilang, cobain cemilan ini deh. Selain enak dan sehat, gampang banget bikinnya. Nggak pakai ribet, nggak pakai lama. Kalau nggak percaya langsung dicoba aja ya :)




Ini fresh from the freezer, masih ada embun-embunnya, bukan keringetan karena kebanyakan nginjek kopling di pantura lho ya, hihi. 








Selain bikinnya gampang, bahannya juga mudah banget didapat. Kebetulan bahan-bahannya udah ada di rumah, jadi makin cepet deh bikinnya. Cuma perlu ini aja:



Pisang
Percobaan kemarin, saya pakai pisang ambon, tapi mungkin ada jenis lain biar hasilnya lebih baik? Untuk hasil maksimal, pastikan pisangnya masih fresh dan nggak kematengan ya. 

Compound Chocolate
Untuk pelengkapnya, saya pakai dark cooking chocolate (cokelat masak/cokelat compound) untuk coating-nya. Bisa juga diganti sama rasa lain sesuai  selera. 

Almond
Terus buat taburannya saya pakai kacang almond yang dicincang kasar. Karena cuma ini yang ada di rumah, males keluar, hehe. Bisa juga pakai permen sprinkle warna-warni atau meises, atau seseuai selera.




  • Untuk proses bikinnya, pertama kupas pisang, terus belah jadi empat, pertama dibelah melintang di tengah badan pisangnya, terus dibelah membujur. Setelah itu, tusukkan stick es krim pada masing-masing potongan




  • Nah, sekarang masukkan ke freezer selama 1-2 jam, sampai pisangnya cukup beku.
  • Sementara itu, kita bisa bergosip dulu siapin coatingnya. Panaskan panci/wajan berisi air, didihkan, letakkan mangkok/wadah lainnya, lalu tim cokelat compoundnya, sambil diaduk-aduk untuk memastikan semua cokelatnya lumer. Pakai api kecil aja ya, biar nggak gosong (maaf lupa ambil gambarnya).
  • Setelah pisangnya beku dan cokelatnya siap, ambil satu pisang, celupkan ke dalam cokelat yang sudah mencair. Usahakan sebisa mungkin cokelatnya menutupi seluruh permukaan pisang. Taburi dengan cincangan almond (atau topping lain) di atasnya. Oiya, jangan pakai slow motion ya, kalau nggak cokelatnya keburu mengeras. Ulangi langkah ini pada pisang-pisang yang lain.
  • Sudah hampir jadi ni, tinggal satu langkah terakhir. Sekarang, masukkan lagi pisang-pisang yang udah dilumuri cokelat dan ditaburi topping ke dalam freezer. Tunggu sekitar 1 jam, lalu keluarkan, dan siap disantap!




Selamat menikmati, selamat datang kembali di perantauan bagi yang merayakan :)



No comments:

Post a Comment