Monday, October 27, 2014

Online Shopping Experiences (Part I) : Sukamart




Ga kerasa ya, tanggalan udah geser-geser terus aja, sampai lupa kapan terakhir kali ngerasain gajian, hehe. Ngomong-ngomong soal gajian, jadi keinget belanja. Nah, terus kalau udah ngomongin soal belanja, kalau ada kategorisasi shopper, mungkin saya ini bisa diklasifikasikan sebagai conventional shopper. Saya lebih suka lihat langsung barang yang mau dibeli, bayar, terus bawa pulang deh. 

Tapi, demi telah berkembangnya e-commerce dalam dekade terakhir, saya juga jadi penasaran, pengen tau aja gimana sih pengalaman belanja online. Buat saya, kalau ngeluarin duit, peraturan pertamanya adalah harus hati-hati. Iya lah, nyari duit kan nggak gampang (saya aja sih ini). Nah, makanya, kalau nggak jeli pilih-pilih online shop, sebagai konsumen, kita berpotensi kena tipu kan? Makanya, buat saya, penting banget untuk tahu track record si penjual sebelum melakukan transaksi.

Dari sekian kali belanja online, ternyata saya cuma pernah melakukan transaksi dengan online shop yang itu-itu saja, bisa dihitung dengan jari lah. Bisa jadi, ini karena saya merasa nyaman dan puas dengan pelayanannya. Tapi, bisa jadi juga, karena emang saya nggak punya duit buat belanja, hehehe.

Kali ini, saya mau nulis review seadanya untuk beberapa online shop tempat saya pernah berbelanja. Bukan rekomendasi ya, tapi mungkin bisa dijadiin masukan aja, siapa tau ada gunanya buat pembaca. Biar nggak kepanjangan, review-nya akan saya bagi jadi beberapa postingan ya. 




Yang pertama mau saya review adalah sukamart. Online shop ini dulunya fokus menyediakan kebutuhan sehari-hari khas emak-emak, kayak keperluan dapur sampe printilan cuci-mencuci. Tapi sekarang udah makin melebarkan sayap, dagangannya makin lengkap. Bahkan sekarang jualan gadget juga. Tapi, biasanya saya cuma belanja keperluan sehari-hari diskonan aja di sini. 

Yang saya suka dari online shop ini, yang pertama tentu saja, diskonnya! Hehe. Nah, yang selalu jadi tujuan pertama saya itu Deals of the Week. Setiap minggu, selalu ada barang diskonan, ganti-ganti item tiap minggu, lumayan lah. Di waktu-waktu tertentu, pas ada special event, bisa jadi diskonnya lebih besar lagi, misalnya menjelang lebaran, menjelang hari kemerdekaan, atau pas akhir tahun.

Asiknya, buat new member, dapat additional discount 10 persen untuk pembelanjaan maksimal Rp500 ribu. Terus, untungnya jadi member lagi ni, pas ulang tahun suka dikirimin voucher diskon pula. Kedua jenis voucher diskon yang saya sebut ini bisa dipakai buat produk yang sebelumnya sudah didiskon lho.



Jangan lupa, ada cash back juga lho, untuk pembelanjaan sampai dengan nominal tertentu. Yang terakhir sampai postingan ini saya buat, ada dua macam cash back promo: Rp15 ribu untuk pembelanjaan sebesar Rp400 ribu atau lebih, dan Rp40 ribu untuk pembelanjaan sebesar Rp800 ribu atau lebih. Cash back-nya ini langsung jadi pengurang jumlah total yang harus dibayar, setelah ditambah dengan ongkir (kalau ada).

Nah, tapi sayangnya, yang namanya barang-barang keperluan sehari-hari kayak minyak goreng, beras, susu, dan sekawanannya itu kan biasanya agak berat ya. Kalau belanjanya cuma dikit, jelas berat di ongkir. Saya cukup diuntungkan karena kebetulan berdomisili di wilayah Jabodetabek, Jadi, masuk coverage free ongkir dengan pembelanjaan minimum Rp250 ribu.

Kalau kebetulan belanjaan kita kurang dari segitu gimana dong? Tenang, di balik kesulitan, selalu terbuka dua pintu kemudahan, hihi. Ini jurus saya: order dari kantor, ajakin temen-temen, jadi ordernya bareng-bareng dengan satu account, biar bisa dapet free ongkir, hehe. Kalau terpaksanya belanja kurang dari Rp250 ribu, sepanjang pengalaman saya dulu, untuk wilayah Jabodetabek cuma kena ongkir Rp15 ribu untuk 25 kilo gram. Cukup murah kan ;)

Yang nggak kalah oke, pengemasannya rapi, tiap orderan kita akan dimasukkan dalam kardus. Khusus untuk barang-barang yang mudah pecah, dilapisi juga dengan bubble wrap, jadi lebih aman.




Buat yang penasaran, bisa langsung kunjungi tokonya di sini ya.

Cerita pengalaman belanja online saya selanjutnya bisa dilihat di sini.


Selamat berbelanja :)


disclaimer
tulisan ini murni opini yang ditulis berdasarkan pengalaman pribadi penulis dan tidak dimaksudkan untuk tujuan komersial.






1 comment: