Thursday, June 12, 2014

Senam Lidah: 3 Kuliner Bandung yang Wajib Dicoba


Setelah capek-capek jalan, saatnya makan-makan! Bandung selalu menawarkan variasi kuliner yang beragam dengan rasa yang tidak mengecewakan. Saking panjangnya list tempat makan yang berhasil kita dapat, ujung-ujungnya malah jadi bingung sendiri mau pilih yang mana. Maunya sih semua dicoba, tapi kan kantong kapasitas perut kita terbatas, jadi harus ada yang jadi prioritas. 

Nah, menurut saya, yang paling wajib harus kudu dicoba adalah batagor. Tapi, kata orang-orang bagator di Bandung yang enak itu banyak. Bingung lagi. Yaudah deh, apa yang duluan ketemu di jalan aja. Berikut rekapan kuliner yang sempat kita jajal di Bandung:

1. Batagor Kingsley

Sebenernya, tujuan awal kita itu nyari Batagor Abuy yang ada di Jalan Lengkong Besar. Sayangnya, setelah menempuh perjalanan panjang berliku, sampe sana warungnya tutup. Yaaah, sedih deh. Belakangan kita baru tau kalau Batagor Abuy baru buka jam 4 sore, jadi itu bukan tutup, tapi emang belum buka.

Kita lanjut jalan tak tentu arah, berharap menemukan sesuatu yang bisa dimakan, sampai akhirnya nemu lapak es campur di tepi jalan. Lumayan, buat ganjel perut, hihi. Dari sini putuskan buat ganti haluan, ke Batagor Kingsley yang ada di Jalan Veteran. Yak cuuuss jalan kaki lagi. Setelah longak longok kanan kiri nemu juga tempatnya. Dan tetep, rame, pakai banget, secara Hari Minggu ya. Alhamdulillah, kita masih dapet kursi di lantai dua, plus nggak pake lama nunggu waiter-nya. Daan, bimsalabim! 




Seporsi batagor hangat nikmat sudah ada di meja, siap memanjakan lidah kita. Seporsi batagor  isinya tiga potong, potongannya lumayan besar. Tahunya lembut, adonan ikannya gurih. Sepintas saya kira ini porsi saya, karena batagornya disajikan di atas piring kecil, Tapi jangan salah, ternyata ngenyangin pake banget kalau buat saya. Euuuum, makan batagor anget-anget saat di luar lagi hujan deras itu nikmatnya tiada tara.

Harga per porsi dibanderol Rp30.000 (exclude 10% tax), nggak murah, nggak terlalu mahal juga. 

Alamat Batagor Kingsley:
Jl. Veteran No. 25, Bandung
Telp. (022) 4207104


2. Mie Baso Akung


Kuliner kedua yang kita coba di Bandung, Mie Baso Akung. Kita ke Akung dalam rangka sarapan, karena sarapan di hotelnya nggak nendang, hehe *mintaditendang

Tempatnya luas, tempat duduknya banyak, tempat parkirnya juga memadai. Masuk ke dalam, ada dua pilihan ruangan untuk menikmati laziznya mie baso ini, yang satu ber-AC, yang satunya non-AC, yang ada kolam ikannya. Oiya, ada tempat duduk buat yang waiting list. Kabarnya, Akung ini ramenya setengah mati kalau jam-jam makan siang, nunggu pesanan ready bisa sampe satu jam. Ini juga alasan kita nggak mau ke sini siang-siang, takut nggak kebagian :D


Begitu masuk, kita akan dihadapkan pada beberapa pilihan menu yang bikin galau. Sumpah itu enak-enak semuaaa. Pilihan kita 1/2 porsi mie yamin manis BPTSC sama 1 porsi BPTS aja, nggak pake mie. Buat informasi aja, B untuk baso, P untuk pangsit, T untuk tahu, S untuk somay, dan C untuk ceker. 

Mienya enaaak, manis dan gurih, suwiran ayamnya juga enak, beda sama topping ayam yang biasanya ada di mie ayam, yang ini ayamnya lebih kering, tapi nggak kayak abon juga. BPTSC-nya juga enak, pas banget jadi temen mienya. Kalau BPTS, ya cuma ga pake mie aja, tapi isiannya jauuuuuh lebih banyak. Cobain juga es yoghurtnya, seger diminum siang-siang. Sluuuurp!


Honestly, setengah porsi aja ternyata sudah lebih dari cukup untuk bikin perut kita kenyang. Kesalahan saya, pesan BPTS-nya satu porsi, mangkoknya gede banget, isinya banyak banget, baru ngliat udah kenyang. Nah, buat yang nggak lagi kalap, bisa pesen setengah porsi aja, daripada nanti malah mubazir, hehe.


1/2 porsi mie yamin BPTSC Rp25.000, 1 porsi BPTS Rp30.000, es yoghurt Rp12.500. Total damage nggak sampe 100 ribu, udah bisa makan kekenyangan berdua, sampe nggak bisa jalan.


Alamat Mie Baso Akung:

Jl. Lodaya No.123, Bandung

Telp. (022) 7314746


3. Sate Hadori


Nah, kalau yang ini favoritnya suami. Sate kambing. Sempet baca beberapa review dari pada suhu kuliner, katanya kuliner yang satu ini wajib dicoba sama pecinta kambing. Lokasinya rada malu-malu gitu, ada di dekat pintu selatan Stasiun Hall. Tapi meskipun lokasinya rada tersembunyi, tempatnya nggak pernah sepi. Jangan kaget ya kalau ketemu sama almarhum kambing digantung di depan warungnya. Saya juga sempet ngira salah masuk ke penjual daging kok, hehe.





Yum! Lihat potongan dagingnya, nggak pelit kan? hehe. Udah gitu dagingnya empuk, bumbunya meresap. Mantap! Oiya, satenya baru dibikin pas kita pesan. Jadi begitu kita pesan, baru deh dipotongin dagingnya terus ditusuk dan dibakar. Ada dua pilihan, campur atau polos. Kalau campur satenya campur gajih, kalau polos ya daging aja. Bisa pilih sesuai selera. Puas makan satenya, paling enak minum jeruk anget atau es jeruk. Seger beneeeer.

Seporsi sate campur (10 tusuk) dihargai Rp33.000 saja, nasi sebakul Rp8.000, es jeruk Rp10.000. Worth it banget, kenyang banget.

Alamat Sate Hadori:
Jl. Stasiun Timur No. 11-12
Bandung


Sekian review nanggung kuliner Bandung dari saya. Salam Kenyang :)



1 comment:

  1. artikel yang menarik, boleh share untuk cerita menarikmu lainnya di Kirim Ceritamu

    ReplyDelete