Thursday, October 30, 2014

Online Shopping Experiences (Part II) : Elevenia


Setelah sebelumnya nulis review pengalaman belanja di sukamart di postingan ini, kali ini saya mau lanjutin review pengalaman belanja online di elevenia. Sekarang duduk manis, ambil kopi, dan selamat menikmati :)







Situs ini terbilang pendatang baru ya. Awalnya saya agak ragu belanja di sini, karena ehem, sorry to say, tapi dulu yang suka nongol di halaman depan situsnya itu foto-foto produk yang, somehow, terlihat kurang berkualitas. Tapi, Cinta Laura ternyata berhasil mempengaruhi penilaian saya. Dan, sepertinya saya nggak terlalu keliru. Dari pengalaman saya beberapa kali belanja di sini, so far so good, sejauh ini sih cukup memuaskan lah. 

Menurut penilaian awam saya, elevenia ini konsepnya semacam campuran antara tempat nebeng jualannya para seller kayak tokobagus dan berniaga, dengan situs-situs yang suka nawarin deal-deal harian kayak groupon atau dealkeren gitu. Bikin bingung ya deskripsinya? hehe. 

Biasanya tempat yang pertama saya kunjungi adalah Top 100. Tempat ini bisa dibilang 
etalase produk-produk yang biasanya sedang didiskon dan cukup direkomendasikan :)



Nah, yang saya suka dari situs ini adalah, sebagai member, kita bisa tau track record dari seller dan barang dagangannya melalui ulasan yang sudah diberikan oleh pembeli-pembeli sebelumnya. Jadi, ada baiknya baca-baca dulu testimoni dari member lain sebelum transaksi. Buat saya, logikanya gini: semakin banyak yang nulis review positif, baik soal produk maupun seller-nya, berarti semakin bisa dipercaya :)




Dari pengalaman, sejauh ini sih saya cuma pernah membeli dua jenis produk: makanan dan voucher. Alhamdulillah dua-duanya nggak mengecewakan. Karena saya hobi ngemil, makanya saya hobi banget nyari-nyari cemilan murah di sini. Kalau lagi beruntung, kadang suka ada seller khilaf yang suka kasih diskon gede buat dagangannya.

Pernah kebeli, keripik pedas sejenis karuhun atau maicih, cuma seharga sepuluh ribuan sebungkus. Terus kemarin, baru abis dapat voucher carrefour senilai Rp100 ribu, cuma dengan harga Rp79 ribu. Lumayan kan kalau belinya banyak.




Nah, kalau udah belanja, jangan lupa ya nulis ulasan pembelian, Selain membantu calon pembeli  lain untuk lebih mengenal seller dan produk yang akan mereka beli, tujuan nulis ulasan pembelian adalah...jreng jeng jeng jeng...biar dapat poin dan token! Poin ini bisa dipakai sebagai pengurang jumlah nominal yang harus kita bayarkan, berlaku untuk semua produk. Satu poin setara dengan satu rupiah, di mana minimum penggunaan per transaksi adalah 100 poin.

Nah, kalau token, bisa ditukar dengan voucher-voucher tertentu, misalnya potongan harga atau potongan ongkir. Terus katanya juga bisa dipakai untuk berpartisipasi di event-event elevenia. Nggak tau juga sih event yang dimaksud di sini kayak apa, belum pernah nyoba juga hehe.

Cara nulis ulasannya gimana? Gampang banget. Tinggal login ke akun elevenia, terus masuk ke 'my elevenia'. Setelah nemu kolom dengan tulisan 'konfirmasi penerimaan produk', tinggal klik saja, terus nanti tulis deh ulasannya. Semoga gambar di bawah ini bisa menjelaskan ya.




Soal pengiriman, baik biaya maupun waktunya, tergantung banget sama masing-masing seller. Beda seller bisa jadi beda kebijakan. Beberapa seller ada kok yang ngasih kemurahan hati berupa free ongkir, cek aja di detail produknya. Soal lama waktu pengiriman beda-beda juga, ada yang cepat, ada yang lama. Dari pengalaman, pernah sekali, ngirimnya lama banget, semingguan, padahal kan cuma di Jabodetabek. Usut punya usut, seller-nya kebanjiran order, terus jadilah imbasnya pengiriman agak terkendala.

Oiya, elevenia juga menyediakan voucher-voucher tertentu yang bisa diunduh gratis sama member-nya lho. Terus, ada juga promo-promo lainnya yang nggak bisa saya sebutkan satu per satu, nggak apal soalnya. Untuk info selengkapnya, cek aja di menu promo ya.


Selamat berbelanja :)


disclaimer
tulisan ini murni opini yang ditulis berdasarkan pengalaman pribadi penulis dan tidak dimaksudkan untuk tujuan komersial.





1 comment:

  1. jeng nita, salam kenal. saya sedang survey, mungkin jika berkenan boleh bantu untuk isi kuesioner saya https://goo.gl/forms/A2gMO621yFS9GcZm2. thank u much

    ReplyDelete