Wednesday, December 11, 2013

Tutorial: DIY Face Cover {Masker}

Yak, meski telat, saya ingin menyampaikan keprihatinan atas musibah kecelakaan yang melibatkan commuter line dan truk pengangkut BBM di daerah Bintaro yang terjadi Senin kemarin. Semoga kejadian kemarin adalah yang terakhir, jangan sampai terulang lagi, aamiin.

Singkat cerita, kita jadi full-time bikers lagi ni, setelah kemarin-kemarin sempet jadi part-time roker, hehe. Dan, mengingat bersihnya udara Jakarta apalagi di jam-jam pulang kantor, suami request minta dibikinin masker. Bukan masker bengkoang ya, tapi masker penutup muka itu lho, untuk meminimalisir masuknya debu dan asap ke hidung dan mulut. Ini mintanya udah kayak Roro Jonggrang aja, semalam harus selesai. Sejam malah. 

Karena nggak ada contohnya, jadilah saya ngarang-ngarang aja kira-kira bentuknya gimana. Alhamdulillah, setelah utak-atik sekitar sejam, jadi deh maskernya. Nggak sia-sia dulu pas kuliah sering asal ngarang pas ujian, hihi. 




Buat yang mau bikin juga, ini step by stepnya:

1. Siapkan perlengkapannya dulu:
    - 2 potong kain dengan ukuran @ 22 x 14 cm
    - 2 buah tali katun, @ 30 cm
    - benang




2. Ambil salah satu bahan kain, bagian luar/bagus  menghadap ke atas. Pada sisi terpendek persegi panjang {bagian yang panjangnya 14 cm}, ukur dan tandai dari ujung bagian atasnya sepanjang 3 cm. Lalu letakkan tali katun di sebelah kiri dan kanannya. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini ya,



3. Ambil kain sisanya, letakkan tepat di atas tumpukan sebelumnya, dengan posisi bagian luar/bagusnya menghadap ke bawah. Semacam jadi sandwich gitu. Sematkan jarum di sekelilingnya biar nggak lari kemana-mana ya



4. Jahit di sekeliling 'sandwich' persegi panjang ini dengan lebar jahitan kurang lebih 1 cm. Di salah satu sisinya, sisakan sekitar 8 cm, jangan dijahit ya. Hehe, kalau bingung sama penjelasannya. lihat ilustrasi di bawah ini aja. Jahit hanya yang ditandai dengan garis putus-putus ya.



5. Setelah selesai dijahit, balik sandwichnya melalui lubang 8 cm yang tadi kita sisakan. Penampakannya kurang lebih jadi begini:



6. Setelah dibalik, jahit mengelilingi persegi panjang. Kali ini benar-benar mengelilingi semua sisinya ya. Kalau mau, boleh pakai pola-pola jahitan lain selain pola jahitan lurus. 


7. Jangan lupa untuk merapikan bagian ujung-ujung tali katunnya, biar seratnya nggak awut-awutan kemana-mana. Ambil sekitar 1 cm ujung tali lalu lipat dan lipat lagi {jadi ngelipatnya dua kali ya}. Jahit mengelilingi lipatan tali {hasil jahitannya kurang lebih berbentuk persegi}. Lalu bentuk jahitan menyerupai huruf X di dalam persegi {opsional, nggak juga nggak papa}.


Udah, jadi deh maskernya. Siap dipakai mengarungi Jakarta, yay!



Maaf ya {lagi-lagi} fotonya seadanya. Suwer, udah niat motoin step by step bikiinya pake kamera, tapi  pas mau dipake ternyata mati, dan ternyata  lagi chargernya ketinggalan :( Kalau ada yang kurang jelas feel free to ask me ya {cieh sok banget deh}. Selamat mencoba :)




No comments:

Post a Comment