Monday, May 5, 2014

Jahit Sendiri Bajumu (Plus Tutorial)

Ternyata, bikin baju sendiri itu nggak susah. Kalau tau cara cheatnya. 
Ternyata lagi, saya juga pernah punya baju jahitan sendiri. Padahal, kalau saya belum pernah cerita, saya itu paling muales kalau disuruh jahit baju. Bikin pola itu susah, jahit yang bener juga nggak gampang. Ieeewww.

Kalau udah punya baju jahitan sendiri, berarti sekarang udah jago ni jahitnya? udah ada perkembangan dong? Ups, jangan buru-buru berbaik sangka dulu, apalagi sama saya :p

Baju yang ceritanya saya jahit sendiri ini nggak pake pola-polaan. Tinggal dikira-kira aja, kres-kres-kres gunting bahannya, dijahit jegreeek dan booom, jadi deh. Tipsnya, pakai baju yang menurut kita paling enak dipakai buat contoh ukurannya.

Yang pertama saya bikin atasan model lengan raglan. Yang ini bahannya mepet, cuma bisa jadi seadanya. Lengannya cuma jadi 3/4, nggak bisa panjang. Panjang blousenya juga agak ngatung ni. Karena bikinnya ngebut malem-malem, terus pengennya buru-buru jadi, ya begitulah, acara obras-mengobras dilewati dulu. Tapi, jadinya sampai sekarang juga masih dibiarin gitu aja, nggak diobras-obras juga. Ish! Jangan ditiru ya. Dan, yang namanya euforia jahit sendiri ya, tetep aja pede banget makenya. Padahal pasti orang lain yang ngliat udah pada ngomongin dalam hati: baju yang aneh. Yang make lebih aneh.




Eh, sebelum dikomentari, itu topinya cuma editan ya, buat nutupin jidat lapangan bola saya :D

Nah, buat yang mau jahit sendiri juga, kayak gini pola sederhananya:





Yang kedua ini jauh lebih gampang dari yang pertama, super duper simple tanktop. Setengah jam juga kelar kalau cuma bikin ini. Cocok buat pemalas seperti saya.





P.S.:  sendal jepitnya, ngga nahan :D



Inspirasi dan tutorialnya dari sini:


 tutorial
source & tutorial

Gampang kan? Pake banget lagi! Oiya, buat yang nggak suka mengekspos lengan atau yang pake jilbab seperti saya, tanktop ini bisa juga dipadankan dengan outer, kayak cardigan misalnya, atau dengan blazer untuk acara yang lebih formal. Atau ada ide lain?

Yak, sementara baru itu yang jahit sendiri. Pengen nyoba lagi kapan-kapan kalau dapat wangsit. Lumayan lah buat dibangga-banggain, anggap saja hasilnya nggak malu-maluin, hihi.

Selamat mencoba ;)



3 comments:

  1. wah.. calon designer handal sejagat jogja nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. walah, cuma nyontek2 dari internet aja mas, nggak ada apa2nya, jauh pake banget kalo dibilang desainer, hehe :D

      Delete
  2. Thanks for sharing. Mau tahu hal penting apa saja yang harus diperhatikan dalam proses menjahit pakaian?. Anda bisa mendownload tutorial menjahit di Fitinline.

    ReplyDelete