Friday, September 5, 2014

[Tutorial] 8 Kreasi Kain Felt


Duluuu banget, waktu masih kuliah, saya mulai suka sama kain felt gara-gara senior sekosan pinter bikin bros dari kain felt. Bentuknya lucu-lucu, ada lebah, ada kupu-kupu.

Nah, karena waktu itu masih jaman batu dan saya sendiri masih ndeso, taunya internet cuma buat nyari bahan tugas dari dosen, nyari-nyari peraturan di situs salah satu kementerian yang jaman dulu jarang banget updatenya itu, saya jadi nggak tahu di mana tempat beli kain felt di sekitaran kampus.

Makanya, yang bisa saya lakukan cuma merengek-rengek ke ibu, minta dikirim kain felt dari Solo. Senengnya, ibu mau saja mengabulkan keinginan saya ini, tapi dengan syarat, saya harus janji untuk bener-bener memanfaatkan kain felt itu sebaik-baiknya dan nggak menyia-nyiakannya. Waktu itu, saya sih manggut-manggut aja.

Time flies, (ini antara kita aja ya, nggak usah bilang-bilang ke ibu saya) kain-kain yang dulu dikirim itu sampai sekarang masih ada. Biasa, penyakit hangat-hangat tahi ayam saya itu susaaah banget ngobatinnya. Ya ada sih, satu-dua yang dibikin, jadi dua apa tiga bros gitu. Tapi sisanya masih banyak!

Biar nggak mubadzir, rasanya ada baiknya kalau saya mulai ‘menghidupkan’ kain-kain felt tadi. Daan, kabar gembira untuk kita semua, kain felt nggak cuma bisa dibikin bros atau kotak tissue ala kue-kue yang booming beberapa tahun lalu itu. Setidaknya, ada 8 kreasi seru yang bisa kita buat dari kain felt ini. Biar nggak sendirian bikinnya, yuk bikin rame-rame! :)




Cocok banget ni dijadiin weekend project. Bikin sendiri di sela-sela me time oke, bikin rame-rame bareng temen lebih seru. Atau, bisa juga bikin bareng si kecil, biar makin kompak makin asik.

Cek gambar di bawah untuk detail selengkapnya ya. Ada tautan untuk tutorialnya di tiap-tiap caption gambarnya. Enjoy :)


1. Citrus Coaster (Tatakan Gelas)

Bosen sama tatakan gelas yang modelnya gitu-gitu aja? Bikin sendiri aja! Siapin kain felt, jarum jahit dan benangnya ya. Nggak perlu mesin jahit, cukup jahit tangan aja kok.

{via}

2. Rainbow Felt Pillow (Bantal Pelangi)

Nah, kalau punya stok kain felt warna-warni, cocok banget dibikin bantal pelangi ini. Ada mesin jahit di rumah? Bisa lebih cepet bikinnya. Nggak ada mesin jahit? Tenang, jahit tangan oke juga, tapi harus sedikit lebih sabar ya ;)

{via}


3. Felt Clock (Jam Dinding)

Biar nggak ngaret lagi, coba bikin sendiri jam dinding ini yuk! Unik dan nggak pasaran, bikinnya juga gampang. Icon-nya lucu-lucu nggak sih? Bikin gemes!
{via}


4. Felt Bows (Pita-Pita)

Yang ini nggak butuh banyak bahan, dengan sepotong perca kain felt aja, kita bisa bikin pita-pita cantik ini. Tinggal pasang jepit di belakangnya, jadi deh hairclips. Jadi aksen bando juga manis. Uh, so cute!


{via}

5. Finger Puppets (Boneka Jari)

Bikin mainan sendiri yuk, biar anak-anak makin betah main di rumah.

{via}


6. Ipad Cover

Versi simplenya aja udah manis gini. Tambah sulaman-sulaman sederhana, pita, atau renda bisa bikin Ipad cover ini jadi kamu banget! Outstanding!

{via}


7. Tissue Holder (Tempat Tisu)

Yang ini asli gampang banget bikinnya. Bentuk dasarnya cuma selembar kain felt persegi panjang, tinggal dilipat, dijahit dikit, jadi deh!


{via}

8. Baby Shoes (Sepatu Bayi)

Ini lucu banget nggak sih? Bikin langsung beberapa, tinggal main di warna dan hiasan aja, little ones bisa ganti-ganti sepatu tiap hari deh

{via}

Aren't they cute? Kalau kata Jarjit, fabulous, fabulous! 

Happy weekend, happy crafting :)








1 comment:

  1. Mbak,dimana saya bisa beli felt?di tempat saya g ada soalnya
    Please jawab

    ReplyDelete