Thursday, October 24, 2013

Sulap Kardus Bekas Jadi Barang Berkelas {Plus Tutorial}

Punya kardus bekas di rumah? Saya punya. Banyak. Dari yang ukurannya gede sampai yang kecil-kecil. Dari yang tebal sampai yang tipis. Udah hobi 'nyampah' sih, dari dulu sukaaaa banget nyimpenin kardus-kardus bekas dan semacamnya. 

Beberapa kali dapet nota protes dari suami sih, hehe. Habis gimana dong, kalau mau dibuang kan sayang, itu kardus masih mulus-mulus, sayang aja rasanya kalau menelantarkan mereka di bak sampah, menunggu diangkut truk ke tempat pembuangan akhir. Hiiiiii, nggak tega bayanginnya. Lebay deh.

Dulu awalnya saya nyimpenin kardus-kardus bekas tu tujuannya palingan cuma buat jaga-jaga aja, siapa tau nanti pas mau kasih kado kebetulan bendanya yang mau dikadoin ini perlu di-repackage. Atau kalau nggak, pas mau kirim paket, misalnya, biar barang yang dipaketin ini bisa selamat sampai tujuan, kan perlu dikemas seaman mungkin. 

Tapiii sekarang-sekarang ini jadi lebih tergoda untuk me-reuse koleksi kardus-kardus saya itu {salah satu reuse project saya bisa dilihat di sini}. Bisa memberikan 'hidup baru' ke barang-barang yang tadinya mungkin udah nggak kepakai itu rasanyaaaa amajing, apalagi bisa membantu mengurangi sampah juga kan.

Di bawah ini ada 5 barang keren hasil reuse kardus bekas. Siapa tau bisa menginsiprasi kita semua. Ssssttt, ada tutorialnya juga lho. Check them out ;)

1. Mini Pocket Notebook

{courtesy of cremedelacraft.com}

Cantik ya? Percaya nggak kalau itu dibuat dari kardus bekas sereal? Hoho, pengen bikin juga? Cek di sini untuk tutorialnya. 

2. Magazine Holder (Tempat Majalah)

{courtesy of spoonful.com}

Masih dari kardus bekas sereal, bisa juga disulap jadi tempat majalah cantik seperti ini. Tutorialnya ada di sini

3. Storage Box (Kotak Serbaguna)

{courtesy of diyonthecheap.com}

Kalau punya kardus yang agek gedean, kayak kardus aq*a atau ind*mie, cocok dibikin storage box seperti ini. Tinggal lapisi pakai kain motif apa saja yang kita suka, tambahin hiasan dari pita, dan voila! Jadi deh storage box yang nggak kalah keren dari keluaran inf*rma, Cek tutorialnya di sini.

4. Cardboard Chest (Laci Kardus)

{courtesy of usefuldiy.com}

Percaya nggak kalau laci-laci yang cantik ini dibuat dari kardus bekas? Buktikan di sini

5. Desk Organizer

{courtesy of diy-crafts-tutorials.blogspot.com}

Desk organizer ini dibuat dari kardus bekas aneka jenis, mulai dari kotak bekas sereal sampai rol tissue bekas. Lihat deh gimana sentuhan art paper bekerja. Selain lebih rapi, meja kerja kita juga bisa jadi lebih cantik dengan desk organizer buatan sendiri ini. Coba bikin yuk, cek tutorialnya di sini.


Tu kan, barang-barang bekas ternyata bisa diubah jadi barang berkelas. Dengan sentuhan tangan, selain mengurangi sampah, kita juga bisa menghemat uang belanja, lho ibu-ibu, heheh. Selamat mencoba ;)



2 comments: