Tuesday, October 22, 2013

Weekend Escape: Empat Jam di Bogor


Setelah menghabiskan hari-hari libur panjang dengan cuma di rumah aja, akhir pekan kemarin kita maksa buat jalan-jalan seadanya. Yang penting keluar rumah. Pilihan jatuh ke Bogor, yang gampang dan nggak ribet dan banyak makanannya.


us


How do we got there?
Biar praktis, kita naik kereta commuter line. Kita berangkat dari Stasiun Pondok Ranji ke Tanah Abang, kereta jam 7.30. Dari Tanah Abang nyambung kereta yang ke arah Depok/Bogor. Karena yang datang duluan kereta ke Depok, jadi kita naik yang ke Depok, baru pas sampai Depok nyambung lagi yang ke Bogor. Sampai Bogor sekitar jam 9 lewat. Terdengar ribet? Tenang, aslinya sih nggak seribet penjelasan saya ini kok, hehe. Total yang kita keluarkan untuk tiket kereta ini sekitar Rp7 ribuan saja per orang.

What do we did?
Sampai di Bogor kita sarapan bubur ayam di depan Taman Topi. Buburnya enak, kuahnya berasa banget bumbunya. Tambah sate ati jadi Rp8 ribu saja seporsi. Yang ini sebenernya nggak ada di itinerary, cuma karena mendadak kelaparan aja.

Dari depan Taman Topi kita naik angkot nomor 02 ke Kebun Raya Bogor. Niatnya sih mau jadi guide buat suami yang belum pernah ke sini. Eeee ternyata malah nyasar gara-gara masuknya bukan dari main gate, wakakak. Tiket masuk untuk dewasa Rp15 ribu, itu kayaknya harga kalau weekend, kalau hari biasa mungkin lebih murah kali ya.

Senyasar-nyasarnya di sini sih masih enak, adem dan sejuk di mana-mana. E tapi agak panas juga ding, soalnya kita nyampe sini udah jam 10an. Daripada makin nyasar, kita duduk-duduk aja di depan kolam. Ngeyup.



KRB


Udah puas duduk-duduknya, sempetin bentar buat jalan-jalan. Niatnya sih mau nyari jembatan gantung. Udah nunjuk-nunjuk arah dengan sotoynya, dulu perasaan di sini deh, dari sini ke sana, ke sini, abis itu ke situ. Dan tetep nggak ketemu, hahah. Udah deh jadinya cuma jalan-jalan nggak tentu arah. Mau ikutan mobil yang keliling itu, eee kata mba-mba penjaganya mau tutup dulu karena mereka mau ada acara. Mau sewa sepeda, sama aja mau tutup juga. Padahal seru juga kayaknya kalau bisa keliling Kebun Raya pakai sepeda (biaya sewa sepeda Rp10 ribu/orang).

Yaudah deh, karena udah makin siang juga, jadi kita putuskan untuk udahan aja di sininya. Nah pas mau keluar, ngikngok, baru deh nemu main gatenya. 


KRB_gate
main gate dengan penampakan
Dan di deket main gate itu ada peta Kebun Rayanya, gede banget. Untuk selanjutnya kayaknya kalau ke sini lagi mending baca dulu petanya baik-baik, biar nggak nyasar-nyasar tak tentu arah. 


map

Catatan (lagi) kalau mau ke Kebun Raya lagi:
1. bawa medicated ointment kayak zambuk atau semacamnya, buat antisipasi siapa tau kena gigitan serangga
2. bawa minuman secukupnya, soalnya kalau di dalam harganya bisa berlipat-lipat, hehe
3. bawa alas duduk bila perlu, in case rumputnya lembab. Di dalam ada sih yang jual, Rp10 ribu per lembar
4. berangkat lebih pagi, biar ga kepanasan dan bisa sepedaan
5. bawa kamera buat ambil gambar, siapa tau hasilnya lebih oke dibanding jepretan hp
6. baca peta dulu sebelum keliling

Keluar dari Kebun Raya pas adzan dzuhur, kita langsung nyari angkot 08A dari depan Kebun Raya ke Taman Kencana, tujuan kita makan siang dan numpang sholat di Macaroni Panggang. Beberapa kali ke sini, malah belum pernah nyobain macaroninya, soalnya tiap ke sini sebelumnya selalu makan lasagna.


penampakan macaroni panggang dan shrimp rissoles yang sudah dimutilasi (so sorry for the bad pic)

Karena suami nggak terlalu suka pasta, makanya saya cuma pesan macaroni panggang special ukuran kecil, untuk dimakan sendiri aja, itupun hampir nggak habis. Somehow ada aroma kayak sangit gitu di macaroninya, nggak tau emang aslinya gitu apa nggak sih. Untuk suami, saya pilihkan shrimp rissoles yang ternyata ukurannya hampir sama dengan tangan saya. Dan sejujurnya saya lebih suka risollesnya dibading si macaroni, hehe. Selesai makan, pas mau bayar di kasir ternyata ada juga brownies panggang, bungkus satu deh buat tetangga.

Oke, sudah makan, sudah kenyang, saatnya ngejar kereta. Dari Taman Kencana kita jalan turun ke bawah, kalau dari pintu keluarnya Macaroni Panggang nengok kanan, langsung perempatan kan ya, nah dari perempatan itu ambil kiri, terus jalan aja sampe mentok nemu jalan raya, nyebrang, naik angkot nomor 03 ke stasiun. Alhamdulillah, setelah lari-larian masih dapet kereta jam 2 kurang. 

Besok kita ke mana lagi ya?


MP









No comments:

Post a Comment